BAGAIMANAKAH PERAN SEKOLAH MENGHASILKAN MUTU SISWA ?

BAGAIMANAKAH PERAN SEKOLAH

MENGHASILKAN MUTU SISWA ?

Berbagai Fenomena mutu prestasi siswa yang berhasil saya rangkum sebagai berikut :

1. Amerika Serikat (Coleman, 1966)

  • Siswa yang berprestai tinggi dieskolah, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, dan hidupnya berhasil adalah siswa yang berasal dari keluarga yang sosial ekonominya tinggi
  • Siswa yang prestasinya rendah, tidak mampu belajar di sekolah, drop out, tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, tidak mempunyai motivasi belajar adalah siswa yang berasal dari keluarga yang sosial ekonominya rendah.

2. Inggris (Robbins, 1962)

  • Hampir semua siswa yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi berasal dari keluarga yang ayahnya mempunyai profesi yang tinggi.
  • Hanya 2% siswa yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi berasal dari keluarga yang ayahnya tidak  mempunyai kecakapan / pendidikan yang memadai.

3. Australia (Pusat Penelitian Pengukuran dan Evaluasi NSW, 1960-1970)

  • Pendapat/pandangan orangtua tentang nilai-nilai pendidikan sangat berpengaruh terhadap prestasi pembelajaran anak di sekolah.
  • Berdasarkan pendapat/pandangan orang tua tersebut, dapat diprediksi prestasi siswa di sekolah, kapan siswa drop out, jenis pekerjaan apa yang akan ditekuninya.

Dari berbagai fenomena mutu prestasi siswa tersebut diatas dapat disimpulkan :

  • Latar belakang keluarga merupakan faktor penting yang menentukan prestasi / keberhasilan siswa di sekolah.
  • Apa yang dibawa siswa ke sekolah jauh lebih penting daripada proses yang terjadi di dalam sekolah
  • Sekolah tidak dapat membuat perubahan yang signifikan terhadap siswa.

Betulkah Sekolah pada umumnya tidak dapat membuat perubahan yang signifikan bagi siswa ?

Riset membuktikan: Ada sekolah-sekolah yang secara konsisten menghasilkan siswa-siswa berprestasi tinggi, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan lebih berhasil hidupnya, apapun latar belakang keluarga siswa.

Sekolah tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Menekankan pada pembelajaran
  • Guru merencanakan bersama dan bekerja sama dalam pelaksanaan pembelajaran
  • Ada supervisi yang terarah
  • Lingkungan yang kondusif
  • Kemajuan prestasi belajar siswa sering dimonitor
  • Kepala sekolah berperan sebagai “Instructional leader”
  • Harapan yang tinggi bagi siswa dan guru

Strategi Membangun Mutu :

  • Mendeskripsikan materi
  • Menyusun Peta Konsep dan Matrik Pembelajaran
  • Menyusun Silabus
  • Mengembangkan materi dalam bentuk Modul dan LKS dari setiap materi
  • Menyusun alat evaluasi hasil belajar untuk setiap materi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: